1. Blog>
  2. Cara Menampilkan Layout 3D di Aplikasi Eagle

Cara Menampilkan Layout 3D di Aplikasi Eagle

by: May 06,2021 7836 Views 0 Comments Posted in PCB Design Tutorial

PCB Design Tutorial PCB layout Autodesk Eagle Eagle3D

Summary:       Dengan cara ini kita bisa melihat preview berbentuk gambar 3 dimensi yang cukup realistis

Ketika sedang merancang atau membuat sebuah layout kadang kita suka membayangkan bagaimana hasil jadinya nanti atau ingin sekali mencoba melihat dalam bentuk tiga dimensi supaya dapat gambaran untuk hasil akhirnya nanti sebelum difabrikasi.


Dengan aplikasi layout PCB lainnya yang ada dan sudah populer mungkin sudah tersedia fitur untuk menampilkan gambar tiga dimensi namun lain halnya dengan aplikasi cadsoft eagle khususnya versi 7 kebawah, namun jangan khawatir karena ada beberapa pihak ketiga yang sudah mengembangkan aplikasi hingga dapat menampilkan gambar tiga dimensi.


Bagi yang sudah terbiasa memakai aplikasi cadsoft eagle ada dua cara untuk membuat layout bisa ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi yaitu:


1. Google Sketchup

Dengan bantuan aplikasi ini, layout yang ditampilkan bisa di zoom in atau zoom out, bisa juga dirotate kearah manapun secara real time namun sayang dalam perkembangannya untuk hasil tiga dimensinya terutama komponen tidak terlalu realistis, misalnya untuk resistor sendiri tidak menampilkan kode warna dan semua resistor terlihat sama terkesan monoton.


2. POV-Ray

Kolaborasi antara Eagle dan povray menghasilkan gambar tiga dimensi yang terlihat sangat realistis, pengembang Eagle3D sangat serius mengerjakan hal ini. Saya sangat suka dengan Eagle3D ini, maka dari itu saya akan bahas cara ini.


Adapun bahan yang diperlukan selain aplikasi cadsoft eagle yaitu Eagle3D dan aplikasi povray yang bisa didownload di situs http://www.povray.org


Eagle3D berisikan user language program(ULP) yang akan dipanggil oleh aplikasi eagle untuk disesuaikan parameternya yang dibutuhkan yang kemudian akan diekspor kedalam file pov.


File pov inilah yang akan dijalankan atau dirender didalam aplikasi povray.

Oke langsung saja ke tahapan tahapannya, yang pertama adalah download dulu file Eagle3D yang telah disediakan pada link dibawah lalu ekstrak file tersebut yang salah satu isinya adalah folder ULP yang akan dieksekusi saat pemanggilan ULP pada aplikasi cadsoft eagle.


Langkah yang kedua adalah tentunya membuat layout menggunakan aplikasi cadsoft eagle dan saya asumsikan telah selesai membuat layoutnya dan telah final selesai.



Pada jendela layout cadsoft eagle klik File lalu pilih "RUN ULP", pilih 3d50.ulp pada folder Eagle3D yang telah diekstrak tadi.



Maka akan muncul jendela pop up input parameter yang akan kita sesuaikan dengan kebutuhan, nah disinilah semua parameter parameter kita tentukan, delapan tab tersedia yang masing-masing dapat kita tentukan atau personalisasikan sesuai kebutuhan.



Dalam tab global ada pengaturan untuk proses render, silakan sesuaikan. Kemudian untuk destination file yaitu lokasi untuk menentukan penyimpanan file hasil akhir render dengan cara klik browse lalu tentukan folder penyimpanannya.

Tab board untuk pengaturan parameter papan pcb, tab camera untuk pengaturan parameter bagaimana cara hasil render ditampilkan, tab light untuk pengaturan parameter pencahayaan, tab povray untuk pengaturan resolusi gambar hasil render dan lain sebagainya, untuk resolusi saya pilih paling tinggi agar hasilnya bagus, kemudian tab miscellaneous untuk pengaturan parameter tambahan lainnya dan yang terakhir tab color yaitu sebuah pengaturan parameter yang akan menentukan warna warna papan pcb, warna Silkscreen, warna jalur dan lain sebagainya. Jikalau semua parameter sudah sesuai tinggal klik create POV file & exit maka proses selanjutnya adalah menyesuaikan nilai untuk komponen berupa pop up dan apabila telah selesai akan ada sebuah file dengan nama yang sama seperti nama proyek eagle yang mempunyai ekstensi *pov atau file yang bisa dibuka dengan aplikasi povray.


Kemudian file tersebut eksekusi dengan aplikasi povray dan akan terbuka berbentuk script yang masih bisa diedit untuk disesuaikan lagi, jika tidak ada perubahan lagi maka klik RUN dan proses render akan berjalan, tunggu sampai proses render selesai.

Gambar hasil render akan tersimpan dengan format png.





Masih bingung dengan penjelasan secara tertulis? Berikut ini saya jelaskan berupa video.




Povray sendiri bisa didownload disini


dan Eagle3D/Alternatifnya [*.exe file]/Eagle3D parts/image bisa di download disini

Join us
Wanna be a dedicated PCBWay writer? We definately look forward to having you with us.
  • Comments(0)
You can only upload 1 files in total. Each file cannot exceed 2MB. Supports JPG, JPEG, GIF, PNG, BMP
0 / 10000
    Back to top